Tips : Gerak & Latih Otak

Pemeliharaan Otak amat diperlukan untuk menjaga kualitas hidup kita. Sedikit saja luka di otak, maka jaringan otak tidak berfungsi dan menyebabkan penurunan kualitas hidup kita. semisal tersumbatnya di bagian otak sebelah kiri - diatas telinga ( pusat berbahasa), maka akan membuat orang sulit untuk bicara.

Salah satu latihan untuk otak kita adalah dengan melakukan senam otak sehat atau yang telah diciptakan oleh Assosiasi Alzheimer Indonesia yang disebut Gerak dan Latih Otak ( GLO ).

Senam GLO sebagai berikut :

1. Latih Peregangan Leher
Posisi badan menghadap lurus ke depan, dengan telapak tangan kanan pada sisi kanan kepala. Tekan kepala ke arah kiri, sementara kepala menghadap lurus ke depan. Otot-otot leher akan terasa teregang melawan dorongan tangan.

2. Peregangan Bahu dan Lengan Atas
a. Luruskan tangan ke atas (disamping telinga), telapak tangan menghadap ke depan. Tangan kiri melewati belakang dibawah siku tangan kanan. Tangan yang lurus digerakkan ke belakang, sedangkan tangan yang satunya menahan ke depan. Akan terasa regangan pada bahu dan lengan atas. Hembuskan nafas pada saat otot diaktifkan atau tegang.

b. Luruskan tangan kanan ke atas, di samping telinga dengan telapak tangan menghadap ke dalam. Tangan yang lurus digerakkan ke kanan, sedangkan tangan yang satu lagi menarik tangan kanan ke arah dalam

3. Pemanasan Sakelar Otak
Gosoklah dua lekukan kiri dan kanan di bawah pertemuan tulang selangka kiri dan kanan depan tulang dada. dengan tangan lain gosok daerah perut. Usahakan mata bergerak ke kiri dan kekanan, ke atas, ke bawah dan memutar dari kiri atas ke kanan atas.

4. Latihan Inti
Berdiri tegak, kepala lurus ke depan, Ibu jari menghadap ke atas didepan hidung. Gerakkan tangan ke kiri atas, kiri ke bawah, kembali ke tengah, lalu ke kanan atas, kanan bawah dan kembali ke tengah.

Untuk variasi, gerakkan ibu jari sama seperti gerakan di atas, tetapi gerakan ibu jari diikuti gerakan bola mata.

0 komentar: