Rumusan Hidup Jaman Modern

"hidup ini sudah susah, jadi jangan dibikin susah. Aku hanya ingin hidup sewajarnya dan tidak bersentuhan dengan hal-hal yang akan mencelakakanku dan menambah sulitnya hidup. Tidak neko-neko".

Pernyataan “ingin hidup tanpa masalah, ‘mencari’ masalah; “menjalani kehidupan sewajarnya”; dan pernyataan-pernyataan sejenis itu kerap kita dengar dari orang-orang di sekeliling kita, dan petuah “bijak” para orangtua pada anaknya. Untuk sementara saya bisa mengatakan bahwa pandangan semacam itu sudah menjadi “pedoman pokok kehidupan” masyarakat kita sekarang. Sudah menjadi “rumus keselamatan hidup” di dalam menjalani kehidupan yang modern sekarang ini.

sekilas harapan hidupnya itu tampak biasa dan normal, “sederhana” dan “tidak macam-macam” atau “tidak aneh-aneh”. Jika bukan harapan semua orang, kemungkinan besar itu adalah harapan banyak orang. Namun, jika kita terlusuri lagi, gambaran wajar dan sederhana itu sama sekali tidaklah wajar dan sederhana. Untuk mencapai “kesederhanaan” dan “kewajaran” seperti itu perlu perjuangan gigih, pengorbanan, dan sangat mungkin meminta pengorbanan orang lain .

Kondisi kehidupan yang dianggap wajar, tidak macam-macam dan tidak aneh-aneh seperti itu bukan hal yang sudah tersedia di dunia ini. Gambaran tentang kehidupan yang wajar sebagaimana yang dimaksud adalah sebuah kondisi yang suka tidak suka dan mau tidak mau harus diraih dan diperjuangkan. Jika kita cukup jernih melihat bagaimana sebuah “kewajaran” dan “kesederhanaan” terjadi, kita akan segera menemui betapa untuk mencapainya perlu pengorbanan, bahkan pengorbanan orang lain.

0 komentar: